14 September, 2014

Syiar MABIT : Ukhuwah Islamiyyah

إِنَّمَا الْمُؤْمِنُونَ إِخْوَةٌ فَأَصْلِحُوا بَيْنَ أَخَوَيْكُمْ وَاتَّقُوا اللَّهَ لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُونَ
 "Sesungguhnya orang-orang mukmin itu bersaudara, karena itu damaikanlah antara kedua saudaramu (yang berselisih) dan bertakwalah kepada Allah agar kamu mendapat rahmat." QS Al-Hujurat : 10

Ketika ummat berbicara tentang ukhuwah, maka mereka berbicara pula tentang persaudaraan, kasih sayang antar sesama manusia, saling membantu dan menolong, dan bersatu dalam kebaikan.

Dewasa ini dalam geliat pergerakan dan dakwah Islam, banyak didapati di dalam tubuh ummat perpecahan karena perbedaan-perbedaan yang melintas. Perbedaan dalam hal memahami al-Qur'an dan Sunnah, perbedaan dalam memahami kalimat-kalimat peninggalan para ulama terdahulu, perbedaan dalam menyikapi syariat, perbedaan dalam mengamalkan amalan, perbedaan dalam menegakkan hukum, dan sebagainya. Banyaknya ikhtilaf yang makin meruncing kemudian berlanjut -dalam sebagian kasus- bertransformasi menjadi perselisihan terbuka yang mengundang pula perilaku-perilaku seperti saling mengejek, su'udzon, ghibah, saling mencurigai, bahkan saling berkonfrontasi melalui baku hantam.

Tentunya diperlukan pendidikan dan penanaman nilai-nilai perdamaian antara saudara sesama muslim untuk membasmi dan menghindari pertikaian di atas.

Sadar dengan hal ini, PIP PKS Sudan mengadakan penanaman nilai ukhuwah islamiyyah dimulai dari lingkungan terdekat -kalangan mahasiswa Indonesia di Sudan- melalui MABIT (Malam Bina Iman & Taqwa) yang bersyi'ar Ukhuwah Islamiyyah di Markaz Dakwah PKS Sudan pada tanggal 11-12 September 2014 Kamis hingga Jum'at.

Acara MABIT meliputi tadabbur al-Qur'an surat Al-Hujurat ayat 9-13, hafalan hadits yang bertemakan persaudaraan antar muslim, taujih, qiyamullail, serta pertandingan persahabatan futsal dengan rekan-rekan alumni Pondok Pesantren Ar-Royah Sukabumi.

Semoga Allah terus membantu kita untuk istiqomah dalam menjalin persaudaraan dan persahabatan karena-Nya hingga akhirat nanti.











0 komentar:

Post a Comment

 

PKS TV Sudan