24 May, 2014

Hamas dan Fatah Ajukan Rami Hamdallah PM Persatuan Palestina

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Para pejabat Gerakan Perlawanan Islam (HAMAS) dan Faksi Fatah telah mengajukan Perdana Menteri Pemerintah Otonomi Nasional Palestina Rami Hamdallah sebagai PM Pemerintah Persatuan Palestina, kata seorang pejabat pada Kamis.

"Fatah dan HAMAS sepakat untuk mencalonkan Hamdallah sebagai Perdana Menteri Pemerintah Persatuan Peralihan, yang akan segera terwujud," kata Ar-Rai, kantor berita resmi HAMAS --yang berpusat di Jalur Gaza dan mengutip satu sumber pejabat tanpa identitas.

Sumber itu menambahkan pemerintah baru tersebut akan meliputi seorang perdana menteri dan 15 lagi menteri teknokrat, yang tidak memiliki afiliasi politik dengan Fatah maupun HAMAS.

Pejabat tersebut tak bersedia mengungkapkan nama para menteri baru di dalam kabinet baru itu, demikian laporan Xinhua, Kamis malam. Tapi ia menduga Azzam Al-Ahmad --pemimpin delegasi Fatah dalam dialog dengan HAMAS-- akan tiba di Jalur Gaza pada Ahad untuk pembicaraan lebih lanjut.

HAMAS dan Fatah pada 23 April mengumumkan mereka akan melaksanakan kesepakatan perujukan yang telah mereka capai di Ibu Kota Mesir, Kairo, pada 2011 dan di Qatar pada 2012.

Kedua faksi Palestina itu sepakat untuk membentuk pemerintah persatuan teknokrat dalam waktu lima pekan setelah pengumuman, dan setelah pemerintah tersebut terbentuk, mereka berencana menetapkan tanggal bagi penyelenggaraan pemilihan presiden dan anggota parlemen.

Sumber : http://www.republika.co.id/berita/internasional/palestina-israel/14/05/22/n5zbuj-hamas-dan-fatah-ajukan-rami-hamdallah-pm-persatuan-palestina

0 komentar:

Post a Comment

 

PKS TV Sudan