07 February, 2012

PKS ‘Obral’ Diri Agar Nggak Jadi Tumbal

Di Pilkada Jakarta PKS ‘obral’ diri. Perolehan suara PKS di Jakarta boleh saja nangkring di posisi dua setelah Demokrat, tapi partai berbasis massa Islam ini cuma berani menargetkan kursi wagub, bukan gubernur. PKS cari tokoh alternatif sebagai cagub. Alex Noerdin, Fauzi Bowo dan Fadel Muhammad dilirik.

Hingga kini jago PKS cuma Tri­wi­saksana alias Bang Sani. Itu pun Bang Sani nantinya cuma diplot se­ba­gai cawagub bukan cagub. Pada­hal di DPRD Jakarta, PKS menem­pati ranking dua partai terbesar de­ng­an perolehan 18 kursi.

Dengan perolehan itu sejatinya PKS bisa saja mengajukan pasangan cagub sendiri tanpa berkoalisi. Tapi ke­sempatan itu tak diambil PKS. Se­baliknya partai yang dikomandoi Luthfi Hasan Ishaq cuma menyiap­kan Bang Sani sebagai cawagub.
Sikap ini berbeda saat Pilkada 2007. Saat itu PKS pede alias per­ca­­ya diri mengajukan pasangan Adang Daradjatun- Dhani Anwar. Meski ak­hirnya keok dihantam pasangan Fau­zi Bowo-Prijanto.

“Sekarang kita tidak bisa memak­sakan. Kita tidak ingin berkorban sia-sia lagi. Kalau Bang Sani tidak bisa mencalonkan jadi DKI 1 maka kita akan menjadi orang nomor 2,” ka­ta Ketua DPP PKS Abdul Hakim saat dihubungi Rakyat Merdeka.
Diungkapkan Abdul Hakim saat ini di internal PKS sedang memba­has kemungkinan PKS menggan­deng cagub dari luar partai. Ketiga tokoh yang masuk daftar jago PKS adalah; Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin, Gubernur DKI Ja­kar­ta Fauzi Bowo dan bekas Gubernur Gorontalo Fadel Muhammad.

Abdul Hakim menilai ketiga to­koh tersebut punya potensi besar un­tuk memenangkan pilkada. Apa saja faktor yang membuat ketiganya ber­peluang besar? Abdul Hakim men­jawab, “Tentu tidak bisa dipungkiri ke­siapan logistik ketiganya sangat me­nentukan. Berdasarkan pengala­man yang lalu, butuh napas panjang untuk bertarung di Pilkada Jakarta.”

PKS menilai ketiganya punya jam terbang, kepemimpinan dan kapabi­litas tinggi untuk memperbaiki Ja­kar­ta. Selain itu, lanjut Sekretaris Frak­si PKS di DPR ini, partai kami juga melihat dukungan masyarakat terhadap ketiganya cukup besar. Ka­rena itulah PKS siap mendukung ha­bis-habisan jika salah seorang dari ke­tiganya bersedia menggandeng Bang Sani dalam pilkada.

PKS, kata Abdul Hakim, tak mau mengulangi kesalahan di Pilkada 2007. “Makanya kita harus berkoa­li­si dengan partai lain dan terus ber­ko­munikasi mencari jalan yang ter­baik,” tutupnya.
Sumber : http://www.rakyatmerdekaonline.com/read/2012/02/06/53986/PKS-%E2%80%98Obral%E2%80%99-Diri-Agar-Nggak-Jadi-Tumbal-

0 komentar:

Post a Comment

 

PKS TV Sudan